Kadis Perindag: Permintaan Kopi Jambi Tembus ke Belgia dan Belanda

Jambi, bacajambi.com – Berbicara mengenai kopi, kopi merupakan minuman trend dikalangan masyarakat.

Disamping rasa dan aroma yang menarik, kopi juga menjadi minuman yang terpopuler, khususnya kopi dari Provinsi Jambi.

Saat diwawancarai oleh awak media, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Provinsi Jambi, Drs. Ariansyah, ME, mengatakan bahwa saat ini Kopi Jambi telah berhasil menembus ke Mancanegara, hal itu tentu tidak terlepas dari usaha para petani kopi dan upaya pemerintah dalam mendorong pengelolaan Kopi Jambi, ujarnya, Jum’at (25/01).

“Kemarin saya mendapat informasi ada dari Negara Belgia dan Belanda mencari kopi Kerinci dan sudah membikin kerjasama, mereka meminta kopi tersebut sebanyak 150 ton dengan kurang lebih 75 Kontainer untuk kontrak tahun 2019 ini, dengan harga yang diatas rata-rata dan kita pemerintah sangat mendorong hal itu, petani pun sekarang sudah terbuka karena brend kopi kita ini sangat fantastis,” ungkapnya

Dirinya juga menyampaikan, Kopi Jambi telah mengikuti beberapa kali event dan mendapatkan penghargaan, diantaranya event Kopi Nusantara.

“Kopi Jambi telah mengikuti beberapa kali event, dan saat ini kita ikut event Kopi Nusantara yang dibuka langsung oleh Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan, dan saya hadir disana waktu pembukaannya.

Event ini berlangsung sampai hari ini Jumat  (25/01), penutupannya saya melihat ada Kopi dari Kerinci, kemudian ada dari Kopi Liberika Tungkal artinya memang kopi kita Jambi ini menjadi trend dan orang mencari kopi,” terangnya.

“Mereka para petani kemarin sudah mendapatkan penghargaan dari beberapa event dan dalam waktu dekat ini mereka akan mendapakan penghargaan lagi dalam Hari Kopi Nasional nanti, itu penghargaan dari Menteri Pertanian,” lanjutnya.

Ariansyah menambahkan, bahwa petani kopi saat ini sudah terbuka, dan mereka tahu kopi Jambi sangat diminati banyak orang, tentu menyikapi hal tersebut para petani kopi akan memberikan kualitas yang sangat baik kepada konsumennya sehingga brend kopi dinilai tinggi.

“Kita tahu sekarang petani merasa sudah terbuka dunia luar, dia tahu bahwa kopi Jambi ini dicari orang, dalam hal itu tentu petani kopi akan memberikan kualitas yang sangat baik kepada konsumen, kalau kualitasnya baik tentu nilai jualnya tinggi dan petani bisa menentukan nilai jual harga,” tutupnya. (Ron) 

BAGIKAN