Banjir Rob Genangi Beberapa Ruas Jalan di Kuala Tungkal

Tanjab Barat, bacajambi.com – Beberapa ruas jalan di Kota Kuala Tungkal tertutup oleh air pasang, seperti Jalan Melati dan perempatan terminal dalam kota yang berada di kawasan pasar.

Terjadinya banjir rob tersebut dikarenakan oleh naiknya air pasang dari laut yang merupakan dampak dari siklus tahunan.

Dalam setiap tahun biasanya pada bulan Desember dan awal Januari adalah puncaknya pasang air laut tersebut.

Namun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir dengan keadaan tersebut, karena banjir rob tersebut hanya berlangsung sesaat dan akan kembali surut, hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Endi Avian salah seorang Warga Kuala Tungkal kepada bacajambi.com, Kamis (24/1).

Dijelaskan oleh Een sapaannya, bahwa banjir air pasang atau banjir rob ini memang sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat Kuala Tungkal.

Dulu pada tahun 80-an air pasang ini jauh lebih besar, hampir tidak menyisakan sedikit pun, seluruh jalan semua tertutup oleh air.

Ia pun juga bercerita, waktu dimana dirinya masih di usia kanak-kanak bahwa saat yang paling ditungu-tunggu adalah momen air pasang besar seperti ini, ya itu main air, berenang dan main perahu, ujarnya sambil tertawa sumbringah.

“Untuk masyarakat yang baru tinggal di Tungkal, yang baru mengalaminya tidak perlu khawatir, karena banjir ini tidak lama, ya paling sekitar tiga atau empat jam terus akan surut kembali,” ujar Een.

“Usahakan bagi pengendara untuk menghindari jalan-jalan yang tergenang air pasang, bilamana kendaraannya sudah terlanjur melewati lokasi banjir, pesan saya sedapat mungkin untuk menyiram kendaraannya dengan air hujan ataupun air ledeng. Karena kalau tidak disiram nantinya akan berkarat karena terkena air laut yang asin,” ungkapnya. (Ame)

BAGIKAN