Ada Bank Sampah di Kuala Tungkal

Tanjab Barat, bacajambi.com – Sebagian masyarakat banyak yang belum mengetahui bahkan masih terdengar asing dengan yang namanya Bank Sampah.

Walaupun program ini sudah dicanangkan oleh Pemerintah lewat Kementerian Lingkungan Hidup beberapa tahun yang lalu, beberapa Pemuda di Kuala Tungkal tepatnya dilingkungan Komplek Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Patunas berinisiatif untuk membuat Bank Sampah dengan nama Bank Sampah Permata secara swadaya.

Belum genap satu bulan berdiri, Bank Sampah ini cukup mendapatkan respon dan sambutan positif dari masyarakat, setidaknya sudah ada 50 orang yang menjadi nasabahnya.

M. Suryahadi Putra yang dipercaya sebagai Direkturnya Bank Sampah Permata mengatakan, bahwa yang melatar belakangi berdirinya Bank Sampah Permata ini karena kegelisahannya terhadap persoalan sampah yang semakin banyak, ujarnya, Senin (4/2).

“Setidaknya lewat bank sampah ini membantu untuk mengatasi persoalan sampah yang ada, lingkungan semakin sehat dan masyarakat semakin sadar akan kebersihan,” ujarnya.

Suryahadi menjelaskan, bahwa Bank Sampah ini sistemnya adalah masyarakat menabung sampah disini, dan dalam waktu minimal satu bulan saldo dari tabungannya tersebut baru bisa diambil dalam bentuk uang.

Sampah-sampah ini pun sudah kita golongkan dalam beberapa kategori yang nilainya juga berbeda, seperti sampah plastik, kertas, besi dan sampah lainnya.

“Kita sedikit demi sedikit memberikan informasi kepada masyarakat mengenai Bank Sampah Permata, dan kita juga akan berupaya untuk berinovasi memanfaatkan sampah yang tidak memiliki nilai menjadi lebih bernilai, seperti kerajinan,” ungkapnya.

Dalam operasionalnya Bank Sampah Permata ditunjang oleh sebuah motor sampah bantuan dari program NOSP yang siap menjemput sampah dari rumah ke rumah warga. (Ame)

BAGIKAN